Tips Sehat Menjaga Kesehatan Vagina

// // Leave a Comment
Tips Sehat Menjaga Kesehatan Vagina * Vagina adalah salah satu bagian penting yang dimiliki oleh wanita, untuk menjaga vagina di perlukan perawatan khusus, sebenarnya ada banyak macam cara merawat vagina yang dianjurkan baik secara alami maupun modern yaitu menggunakan obat. Merawat vagina bukan hanya bertujuan untuk menyenangkan pasangan, tetapi perawatan vagina juga untuk kesehatan wanita itu sendiri. Perawatan vagina bermanfaat untuk menjagavagina dari kuman dan pernyakit, karena memang sifatnya yang terbuka apabila tidak mendapat perawatan secara khusus vagina rentan terserang penyakit.


Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan / vagina


  • Perhatikan Sabun yang Digunakan

Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik lakukan pada saat mandi sore hari. Selain karena air hangat menciptakan efek rileks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi.


  • Perhatikan Bahan Celana Dalam yang Dikenakan

Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari.


  • Penggantian Pembalut

Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam.


  • Perhatikan Teknik Cebok atau Teknik Membersihkan Vagina

Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pembuangan tidak sampai ke area vagina. Selain itu jangan lupa untuk mengeringkan vagina menggunakan handuk bersih atau tissue.


  • Konsultasikan ke Dokter Terlebih Dahulu

Jika Menggunakan Pembersih Vagina
Hindari berbagai produk pembersih, sebab  belum dapat dipastikan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jika sampai terpaksa harus menggunakan pembersih vagina, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan dan kebidanan tentang produk apa yang harus digunakan.

Itulah informasi cara menjaga kesehatan vagina, semoga informasi dari saya bisa bermanfaat, SALAM SEHAT

0 komentar:

Posting Komentar